Sunday, April 23, 2017

Optimalkan Call to Action (CTA)

Call To Action (CTA) adalah banner, tombol, atau beberapa jenis grafis atau teks pada website yang dimaksudkan untuk mendorong pengguna untuk mengklik. Inti sales letter adalah bagaimana agar calon customer anda bertindak anda dapat memanfaatkan Call To Action untuk mengarahkan mereka. Bisa dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, terkadang bahasa asing tampak lebih mudah. Anda bisa menggunakan Call To Action berikut ini di sales letter anda :

Daftar Sekarang

Daftar Gratis

Order Disini

Dapatkan Rahasianya Disini

Cek Disini

Klik Disini

Download Sekarang

Masukkan alamat email

Booking Sekarang

Gabung Sekarang

Daftar Newsletter

Pesan Sekarang

Watch This

Click Here

Add to Cart

Book Now

Subscribe Now

Subscribe Today

Apply Now

Click For Detail

More Info

Follow

Watch This

Buy Now

Visit Us

Click The Button Below

Get Access Now

Get It Free

Start Now

Learn More


Berikut cara mengoptimalkan Call To Action (CTA) :

1.Lakukan tes CTA

Anda hanya dapat lakukan tes CTA pada design atau text yang anda gunakan, penggunaan font, ukuran, warna, lokasi, dll. Dalam satu waktu, gunakanlah hanya 1 elemen pengetesan, agar anda dapat menganalisa hasil yang pasti dari elemen yang anda gunakan tersebut.


2.Jadikan CTA terlihat pada pandangan pertama

CTA harus terlihat jelas pada sales letter anda sehingga calon customer tahu dimana harus meng-klik. Anda bisa membuat CTA lebih besar.


3.Miliki Perintah yang jelas

Jangan sampai call to action Anda malah membuat bingung. CTA haruslah jelas apa perintah dan apa maksudnya. Gunakan kata perintah seperti “Klik di sini!, “Daftar sekarang”, “Gabung sekarang”, atau yang lainnya.


4.Pilihlah warna yang tepat

Pilihlah warna yang kontras dengan desain sale letter anda sehingga CTA lebih menonjol. Pilihan warna dapat mempengaruhi CTR. Kalau anda perhaikan mengapa tombol CTA kebanyakan warna hijau? Karena secara psikologis warna hijau mengartikan penerimaan dan persetujuan. Atau anda juga bisa dengan warna kuning agar lebih atraktif.


5.Masukkan beberapa tombol CTA

Jika tidak banyak tulisan, anda bisa letakkan satu tombol CTA. Jika tulisan anda cukup panjang, anda bisa meletakkan lebih dari satu CTA. Misalnya : pada bagian tengah sales letter anda atau bagian akhir.


6.Jelaskan secara spesifik

Biasanya kata dalam CTA terdiri dari 1 atau 2 kata. Bukan berarti anda tidak boleh menulis dalam satu kalimat. Misalnya : Booking Hotel Sekarang dan Dapatkan Diskon” atau “Temukan Restoran Terdekat dan Dapatkan Voucher Gratiscall photo.


7.Gunakan Gambar

Anda bisa gunakan gambar untuk mengarahkan ke CTA anda. Bisa dengan gambar panah atau garis. Bahkan dengan gambar bergerak akan lebih bagus. Karena elemen gambar mendapat perhatian lebih dari pengunjung.


- Fajar Nurzaman - Blog Sang Pembelajar -
https://i2.wp.com/fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2017/03/optimalkan-call-to-action-cta1.jpg?fit=640%2C360
- http://fajarnurzaman.net/internetmarketing/optimalkan-call-to-action-cta/

0 komentar:

Post a Comment