Tuesday, April 25, 2017

8 Teknik Marketing Toko Online

online store photoToko Online


Toko online saat ini banyak dilirik karena potensi penghasilan yang cukup menjanjikan. Jika dikelola dengan baik, toko online bisa menjadi bisnis yang sangat sukses. Namun tentu saja banyak pula yang gagal. Setiap usaha butuh kerja keras dan komitmen dalam menjalankannya. Banyak faktor yang menjadikan toko nline anda sukses atau tidaknya, salah saunya adalah promosi. Promosi yang tepat dan terarah akan mendatangkan banyak pengunjung ke toko online anda. Berikut ini berbagai cara promosi toko online yang dapat anda terapkan, diantaranya :


1.Facebook Ads

Promos berbayar di Facebook Ads sangat saya sarankan karena terbukti efektif. Keuntungan menggunakan Facebook Ads adalah mudah dijalankan, mudah melakukan pengaturan budget, bisa mengatur jadwal iklan dan bisa menentukan target market yang spesifik. Maka jika anda ingin mendapatkan lebih banyak pengunjung dan menkonversi penjualan, pertimbangkanlah menggunakan Facebook Ads.


2.Google Adwords

Dengan menggunakanÃ, layanan iklan di Google Adwords anda bisa menempatkan iklan di hasil pencarian Google. Kampanye iklan ini dapat sangat tertarget karena didasarkan pada keywords/kata kunci yang orang gunakan dalam kotak penelusuran Google. Anda hanya akan membayar untuk setiap iklan yang di klik oleh pengunjung dimana ini membuat Google Adwords sangat efektif dari segi biaya.


3.Bing ads

Bing Ads sama seperti Adwords tetapi ini ditawarkan oleh Bing dan iklan akan muncul dalam Bing dan Yahoo website dan website lain yang mengikuti program mereka. Bing Ads tidak seefektif Google Adwords tetapi ini masih layak untuk anda coba.


4.Blog

Ketiga cara promosi diatas adalah berbayar, jika anda ingin tanpa berbayar maka anda bisa mencoba blog gratisan. Dibutuhkan banyak usaha dan kerja keras untuk promosi melalui blog. Anda bisa membuat blog yang khusus membahas artikel-artikel produk yang anda jual, blog ini hanya diperuntukan untuk review produk yang anda jual saja serta segala sesuatu yang berkaitan dengan informasi detail produk-produk yang anda jual.


5.Newsletter dan Email Marketing

Pernahkah anda menjumpai website / landing page yang mengajak anda untuk memasukkan alamat email anda? Data email yang masuk itulah yang menjadi list building. List building bermanfaat bagi pemilik website untuk mengirimkan newsletter dan email marketing yang berupa penawaran, promosi produk terbaru, survei pelanggan, dll. Semakin banyak list building anda, semakin besar anda menarik pelanggan menuju website toko online anda dan berarti semakin besar peluang terjadinya penjualan.


6.Mobile App

Marketing mobile sedang meningkat dan sesuatu yang anda tidak bisa abaikan. Memiliki website yang user friendly terhadap pengguna mobile adalah suatu keharusan. Jika dilakukan dengan benar aplikasi mobile adalah cara yang bagus untuk meningkatkan brand awareness.


7.Market Place

Banyak sekali situs-situs market place yang bisa anda gunakan untuk media promosi secara online, selain gratis market place dapat meningkatkan pengunjung toko online anda dan bisa meningkatkan transaksi penjualan. Contoh market place : kaskus FJB (Forum Jual Beli), olx.co.id , bukalapak.com, dll.


8.Social Media

Selain Facebook ada jaringan sosial lain yang besar untuk mempromosikan toko online. Yang paling penting dan patut dicoba adalah: Twitter, Pinterest, Instagram, Google+ dan LinkedIn. Media sosial menjadi tren dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan, ketenaran media sosial bisa anda manfaatkan untuk mempromosikan toko online anda, jika cukup modal anda bisa promosi di media sosial dengan berbayar agar target yang dicapai maksimal, atau jika tidak cukup modal anda juga bisa promosi secara gratis dengan cara : membuat fanpage, sering update status tentang produk yang anda jual, share testimoni produk, mengajak teman-teman anda untuk share, berbagi video, dll.


- Fajar Nurzaman - Blog Sang Pembelajar -
https://i2.wp.com/fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2017/03/8-teknik-marketing-toko-online1.jpg?fit=640%2C360
- http://fajarnurzaman.net/internetmarketing/8-strategi-promosi-toko-online/

0 komentar:

Post a Comment