Thursday, September 15, 2016

Fajar Notes 9- Agen property

akhir 2 ini disibukkan dengan menjualkan dan menyewakan banyak property terutama apartemen, saya pilih jadi specialist apartemen dijakarta karena ceruk pasar nya sangat besar, jakarta ibu kota negara indonesia pusat segala pemerintahan, perdagangan, dan kediaman duta besar dari semua negara2 yang menjalin diplomasi.

saya sengaja memilih fokus di apartrmen karena lebih mudah, lebih aman dan lebih cepat perputaran jual beli dan sewa menyewanya, ada puluhan apartemen dijakarta saya lebih focus lagi ke jakarta pusat dan selatan sekitaran CBD dan SCBD, ada skitar 30an apartemen yang masing2 apartemen rata2 terdiri dari >800unit jado total potensi unit property yang bisa dipasarkan untuk jual beli sewa bisa >20ribu unit.

untuk nilai property di jakarta pusat-selatan rata2 minimal diatas 20jt permeter kalau ukuran luas tipe studio ada yang 25sqm brarti minimal harga 500jt untuk kelas low end apartemen dan bisa mencapai 40-50jtan permeter untuk yang high end biasanya minimal ukuran 80sqm jadi minimal harga sekitar 3,2 M- 4 Milliar.

komisi agen untuk jual beli biasanya di 2-3℅, dan sewa di 5%. kalau mau cepat kaya jualin tanah yang puluhan sampai ratusan milyar karena komisinya 2% saja sudah ratusan juta sampai milyaran, tapi kemungkinan nya sangat kecil untuk dapat penjualan

0 komentar:

Post a Comment