Wednesday, September 21, 2016

Fajar Notes 13 - Men setting awal Blog Baru

setelah membaca dan mencoba beberapa kelebihan dan kekurangan antara blogspot, wordpress.com dan wordpress self hosting, akhirnya saya memutuskan untuk kembali memakai wordpress self hosting seperti dulu di fajarnurzaman.com, untuk detailnya akan saya buatkan posting khusus, yang intinya wordpress self host lebih mudah dioptimasi punya beragam plugin dan themes, dan kemampuan otomatis publish post ke berbagai social media, dan web blog.

saya memulai dengan menentukan nama domain, untuk fajarnurzaman.com yang dulu saya pakai dan build seo nya beberapa tahun sudah expired karena saya ada kesibukan lain jadi lupa perpanjang akhir nya sudah keburu dibeli penyedia domain expired dan sekarang dijual dengan harga mahal ribuan dollar,

sayang sekali tapi harus move on, saya pilih tetap fajarnurzaman dan akhiran nya sementara pakai gratisan .tk, harus dipikirkan dulu kedepannya untuk lebih efektifnya mau pakai yang mana .id || .web.id || .net || atau .info

karena kedepannya akan saya build dan optimasi dengan serius untuk branding image di blog pribadi, setelah meregister fajarnurzaman.tk di dot.tk ,saya buat addon domain baru di cpanel, lalu untuk wordpress nya saya tidak enggnakan script auto install wordpress karena hampir sama aja seperti wordpress.com lebih sulit di optimasi,

saya install wordpress self host nya dengan upload file wordpress mentahan versi yang terbaru dari wordpress.org dengan file manager atau bisa dengan ftp, dan buat database mysql baru untuk wordpressnya. untuk tutorial lengkap nya akan saya buatkan posting khusus cara meregister dan setting domain, cara addon domain dicpanel, cara install wordpress self hosting, dan lain2nya, 

setelah jadi blog wordpress self hosting fajarnurzaman.tk ini saya login ke dashboard admin page, pertama2 saya ke tools untuk import dan upload file backup dari fajarnurzamannotes.blogspot.co.id ,lalu saya ke bagian kategori untuk merapihkan nama2 kategori, saya pisahkan ke beberapa bagian kategori, seperti fajarNotes, Seo-Website, Internet-Marketing, Bisnis-Online, Mistery-Konspirasi, Spiritual-Religion, dan Computer-Windows

lalu saya pilih themes yang sesuai dengan selera saya dan cocok untuk build adsense blog, themes dengan menu page, kolom kiri untuk widget dan kolom kanan untuk post, dan kedepannya mungkin saya akan mencoba berapa themes, terutama themes premium yang sudah saya beli. untuk plugin saya lanjutkan diposting berikutnya, karena jumlah kata sudah mencapai lebih dari 350 kata, untuk mulai postingan ini dan selanjutnya minimal 300 kata sampai 500 kata.

0 komentar:

Post a Comment