Friday, September 16, 2016

Fajar Notes 10 - windows could'nt complete update

Semalam saya ketiduran saat komputer masih menyala dengan kabel charger dilepas lalu komputernya mati kehabisan batrei, saat bangun malam nya saya nyalakan lagi tiba2 layar bootingnya tertulis installing update 1/ 180.... Setelah saya tunggu sampai di 170 tiba2 kerestart dan tampil windows couldnt complete update,

saya tunggu lama 1jam tidak kunjung ada perubahan lalu saya restart paksa, tapi tidak ada perubahan juga saya coba berkali2, lalu coba masuk ke safe mode dengan pencet f8 atau shift f8 tapi tidak bisa2, karena saking prustasinya saya cari info digoogle

Saya cek keberbagai forum2 dalam dan luar negri banyak menemukan masalah yang sama, banyak artikel yang kasih solusi untuk safe mode tapi saya coba f8 tidak bisa2 juga, sampai akhirnya ketemu artikel diforum microsoft langsung, dikasih tau oleh moderatornya solusi berikut.

Saya menemukan solusi untuk memasuki safe mode jika kita tidak dapat melakukannya dengan F8 atau Anda tidak memiliki cd/usb recovery. Cara Ini mungkin berbahaya bagi komputer Anda tapi efektif:
1. Nyalakan komputer
2. Tunggu layar loading
3. Tahan tombol power selama 3 detik untuk memaksa mematikan SEBELUM mencapai " gagal untuk menginstal pembaruan " layar
4. Nyalakan pc Anda lagi
5. Ulangi langkah 3 & 4 sekali lagi
6. Windows sekarang akan memuat pemecah masalah startup di mana Anda dapat masuk ke safe mode .

Perbedaan saat loadingnya ada tulisan please wait, tetap tahan f8 sampai muncul windows troubleshooting menu.. Akhirnya muncul banyak pilihan saya pilih restore system sehari sebelumnya, saya pikir cukup dengan sistem restore lalu setelah masuk windows disable automatic update windows, tapi malah ga bisa direstore sudah dicoba 2 kali dengan state yang berbeda sama aja file not found. bersambung...

0 komentar:

Post a Comment