Wednesday, September 27, 2017

Ilmuwan Melongo, Ditemukan Peralatan Tangan Prasejarah Berusia 1 Juta Tahun Di Flores!





archaeology


Jauh sebelum spesies manusia katai ‘Hobbit‘ hidup di Flores, mahluk mirip manusia lain sudah ada, tulis sejumlah peneliti Australia pada majalah Nature.

Para ilmuwan sekarang mengetahui bahwa peralatan yang telah ditemukan oleh mereka berumur paling tidak satu juta tahun, atau 120 ribu tahun lebih tua dari perkiraan sebelumnya. Kelompok ini mengatakan temuan ini membawa dimensi baru dalam pemahaman mengenai sejarah Flores.


Peralatan batu yang ditemukan di Flores

Peralatan batu yang ditemukan di Flores



Penulis utama untuk laporan tersebut, Adam Brumm mengatakan kepada BBC dari tempat ditemukannya artefak tersebut, dari kondisi dan keadaan peralatan dapat disimpulkan bahwa manusia sudah tinggal di pulau tersebut lebih lama dari perkiraan sebelumnya.


“Yang menarik adalah, bahwa kita tidak mengetahui secara pasti sudah berapa lama hominid ini berada di Flores,” kata peneliti dari Universitas Wollongong Australia itu.


Tengkorak hobbit atau Homo floresiensis ditemukan lima tahun lalu di gua Liang Bua. Makhluk ini sempat menjadi berita besar karena mengisyaratkan spesies manusia yang berbeda, ternyata hidup bersama-sama dengan kita hanya 18 ribu tahun yang lalu.(baca: Hobbit Adalah Keturunan Manusia Dari Dimensi Keluarga Yang Berbeda?).


Sejak saat itulah terjadi peningkatan penelitian paleontologi di Flores. Gua H. floresiensis yang terkenal tersebut, berada di bagian barat pulau Flores sementara temuan baru ini berasal dari Soa, Flores Barat Tengah. Di tempat penggalian Mata Menge sudah ditemukan peralatan beumur 880 ribu tahun.


<p> Daripada Wake Up Project..Bushwack Production mempersembahkan Kuil Salomo (Haikal Sulaiman) .. Sebuah siri yang akan membincangkan dengan lebih teliti mengenai asal usul & gerakan Fremason, Kabbalah, sihir @ ilmu hitam, Zionist & Aksesnya dengan konflik antara Israel & penduduk Palestina ..</p>
<p>Diharap siri ini mampu untuk menjelaskan dan memberi gambaran yang jelas kepada para penonton agar bisa mengerti dengan lebih mendalam lagi mengenai misteri Haikal Sulaiman yang menjadi tanda tanya dan misteri sepanjang zaman.</pre>
<p><a href="https://www.youtube.com/watch?v=qtd0FCY13-0">source</a></p>"
' data-medium-file="" data-large-file="" class="lazy lazy-hidden wp-image-18999" src="" data-lazy-type="image" data-lazy-src="http://fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2017/09/1506567441_654_ilmuwan-melongo-ditemukan-peralatan-tangan-prasejarah-berusia-1-juta-tahun-di-flores.jpg" alt="Archaeological excavations at the 880,000-year-old site of Mata Menge" width="605" height="403"/>

Archaeological excavations at the 880,000-year-old site of Mata Menge, Flores, Indonesia. (media.uow.edu.au).



Sekarang, hanya 500 meter dari situs Mata Menge itu, pada lapisan sedimen yang lebih dalam, ternyata tim internasional menemukan dan mengidentifikasi adanya artefak yang jauh lebih tua.


Lebih dari 40 peralatan batu ditemukan di situs Wolo Sege. Di antaranya adalah perkakas tangan yang mungkin digunakan untuk memotong daging. Muncul sejumlah bukti bahwa alat tersebut telah terbawa oleh arus sungai.


Abu Gunung Berapi



Stone ‘perforators’ (left) and sharp-edge ‘radial core’ (right). The examples in the top row are from Mata Menge and the bottom row are from Liang Bua. Scale 50 mm. (copyright Mark Moore 2004)



Tempat pemakaman tersebut telah tertutup abu gunung berapi sekitar satu juta tahun lalu.


Sejauh ini para ilmuwan belum bisa mengetahui siapa pengguna peralatan itu karena jumlah peralatan yang ditemukan belum cukup untuk dapat mengetahui kebudayaan para pemakainya.


Tetapi menurut para peneliti, temuan ini saja sudah dapat memunculkan sejumlah hal yang menarik.


Temuan di Mata Menge dikaitkan dengan kepunahan sejumlah spesies binatang seperti gajah kerdil dan kura-kura raksasa.


Kesimpulannya adalah, manusia pemburu di pulau tersebutlah yang menyebabkan kepunahan.


Tetapi temuan di Wolo Senge memunculkan sisi baru karena peralatan tersebut memperlihatkan manusia sudah hidup berdampingan dengan binatang selama paling tidak 120 ribu tahun lalu.


<p> Akankah Ric Flair menjadi Korban Darah Setan Damai berikutnya untuk WWE ??? — *<strong>HARUS MELIHAT</strong></p>
<p>E-Mail: TheBiggestReason@gmail.com<br />
—- Untuk umpan balik video / saran dll</p>
<p>Patreon saya: <a href="https://www.patreon.com/TheBiggestReason" target="_blank"> https://www.patreon.com/TheBiggestReason </a></p>"
<p>Saluran utama: <a href="https://www.youtube.com/user/TheBiggestReason" target="_blank"> https://www.youtube.com/user/TheBiggestReason </a><br />"
Instagram: <a href="https://instagram.com/thebiggestreason/" target="_blank"> https://instagram.com/thebiggestreason/ </a><br />"
Twitter: <a href="https://twitter.com/TheBiggerReason" target="_blank"> https://twitter.com/TheBiggerReason </a><br />"
Facebook: <a href="https://www.facebook.com/TheBiggestReason/" target="_blank"> https://www.facebook.com/TheBiggestReason/ </a><br />"
SoundCloud: <a href="https://soundcloud.com/thebiggestreason" target="_blank"> https://soundcloud.com/thebiggestreason </a><br />"
Dailymotion: <a href="http://www.dailymotion.com/TheBiggestReason" target="_blank"> http://www.dailymotion.com/TheBiggestReason </a><br />"
Snapchat: TheBiggerReason</p>
<p>Back-Up Channel: <a href="https://www.youtube.com/user/WTFConspiracy" target="_blank"> https://www.youtube.com/user/WTFConspiracy </a></p>"
<p>Musik: Gunnar Olsen – Taman Bench [ Hip-Hop / Rap]</p>
<p>Mikrofon: Mikrofon Mikrofon Biru Yeti Mikrofon – Edisi Perak<br />
Komputer: MacBook Pro 15 "/ MacBook Air 11"<br />
Perangkat lunak: Screenflow</p>
<p>Penolakan Hak Cipta Berdasarkan Bagian 107 Undang-Undang Hak Cipta 1976, tunjangan dibuat untuk "penggunaan wajar" untuk tujuan seperti kritik, komentar, pelaporan berita, pengajaran, beasiswa, dan penelitian. Penggunaan yang adil adalah penggunaan yang diizinkan oleh undang-undang hak cipta yang mungkin bisa melanggar. Kiat nirlaba, edukasi atau penggunaan pribadi seimbang demi penggunaan wajar.</pre>
<p><a href="https://www.youtube.com/watch?v=errgzvMg6Ko">source</a></p>"
' data-medium-file="" data-large-file="" class="lazy lazy-hidden wp-image-18996 " src="" data-lazy-type="image" data-lazy-src="http://fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2017/09/1506567441_51_ilmuwan-melongo-ditemukan-peralatan-tangan-prasejarah-berusia-1-juta-tahun-di-flores.jpg" alt="Wolo Senge Flores_hobbit cave" width="620" height="386"/>

Situs penggalian Wolo Sege di Flores barat. (bbc.co.uk).



Brumm dan koleganya mengatakan kepada Nature bahwa kemungkinan sulit menemukan artefak di Soa yang lebih tua dari temuan Wolo Sege karena peralatan tersebut ditemukan di atas batu.


<p> Daripada Wake Up Project..Bushwack Production mempersembahkan Kuil Salomo (Haikal Sulaiman) .. Sebuah siri yang akan membincangkan dengan lebih teliti mengenai asal usul & gerakan Fremason, Kabbalah, sihir @ ilmu hitam, Zionist & Aksesnya dengan konflik antara Israel & penduduk Palestina ..</p>
<p>Diharap siri ini mampu untuk menjelaskan dan memberi gambaran yang jelas kepada para penonton agar bisa mengerti dengan lebih mendalam lagi mengenai misteri Haikal Sulaiman yang menjadi tanda tanya dan misteri sepanjang zaman.</pre>
<p><a href="https://www.youtube.com/watch?v=qtd0FCY13-0">source</a></p>"
' data-medium-file="" data-large-file="" class="lazy lazy-hidden wp-image-18997" src="" data-lazy-type="image" data-lazy-src="http://fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2017/09/1506567441_144_ilmuwan-melongo-ditemukan-peralatan-tangan-prasejarah-berusia-1-juta-tahun-di-flores.jpg" alt="Gua Liang Bua dan situs Wolo Sege" width="270" height="202"/>

Gua Liang Bua dan situs Wolo Sege



“Apapun yang ada di dalam batu atau di dalam lapisan batu, jika ditemukan peralatan batu, kemungkinan sudah berumur paling tidak 1,86 juta tahun,” kata Dr Brumm.


“Jadi penelitian selanjutnya di tahun ini harus dipusatkan pada penelitian yang lebih rinci di daerah tersebut dan penelitian lanjutan tentang lapisan batu.”


Perkiraan bahwa Flores sudah lama dihuni akan semakin meningkatkan perdebatan tentang asal H. floresiensis.


Banyak ilmuwan memandang mahluk tersebut berevolusi dari spesies berbadan lebih besar Homo erectus, tetapi kemudian terpisah dan mengecil ukuran badannya.



Stone types preferred by H. floresiensis (left) and H. sapiens (right) at Liang Bua



Kelompok lain memusatkan perhatian pada tubuh hobbit, seperti panjang kaki dan bentuk bahu, yang sangat primitif, berbeda dengan H. Erectus kerdil.


Para peneliti memandang H. floresiensis kemungkinan berevolusi dari mahluk lebih tua yang meninggalkan Afrika ke Asia sebelum erectus.


“Temuan kami di Wolo Sege sudah pasti akan mengungkap teori ini,” kata Dr Brumm. (©2012 IndoCropCircles.com Aug 27, 2012, BBC / arkeologiwebid / Nature)


Pustaka:



<h1> Makasih sudah nonton cek kebawah ya (^ o ^) /</h1>
<h1>[SOCIAL MEDIA]</h1>
<p><a href="https://instagram.com/mirza.noor" target="_blank"> https://instagram.com/mirza.noor </a><br />"
<a href="https://facebook.com/phitbalzgaming" target="_blank"> https://facebook.com/phitbalzgaming </a><br />"
<a href="https://twitter.com/mirzanoor1" target="_blank"> https://twitter.com/mirzanoor1 </a><br />"
<a href="https://plus.google.com/u/0/111282332070846865409" target="_blank"> https://plus.google.com/u/0/111282332070846865409 </a></p>"
<h1>[MAIN BARENG? ADD STEAM + JOIN DISCORD KUY]</h1>
<p><a href="https://discord.gg/mQtXcuK" target="_blank"> https://discord.gg/mQtXcuK </a><br />"
<a href="https://steamcommunity.com/id/mirzanoor" target="_blank"> https://steamcommunity.com/id/mirzanoor </a></p>"
<h1>[BUSINESS]</h1>
<p>Phitbalz@gmail.com</pre>
<p><a href="https://www.youtube.com/watch?v=nebp9BSWWrw">source</a></p>"
' data-medium-file="" data-large-file="" class="lazy lazy-hidden wp-image-19000" src="" data-lazy-type="image" data-lazy-src="http://fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2017/09/1506567441_882_ilmuwan-melongo-ditemukan-peralatan-tangan-prasejarah-berusia-1-juta-tahun-di-flores.jpg" alt="Dr Gert van den Bergh (top left) and Dr Adam Brumm (foreground) from UOW with Iwan Kurniawan from the Geology Museum, Bandung, beside the fossilized tusk of Stegodon, so far the longest (2.3m, excluding the missing tip) known specimen from Flores. " width="618" height="412"/>

Dr Gert van den Bergh (top left) and Dr Adam Brumm (foreground) from UOW with Iwan Kurniawan from the Geology Museum, Bandung, beside the fossilized tusk of Stegodon, so far the longest (2.3m, excluding the missing tip) known specimen from Flores. (uow.edu.au).




Early and Middle Pleistocene sites in the Soa Basin of Flores. (Nature)




Stratigraphic profiles and excavations at Mata Menge. (Nature)




Similar stone tools from Liang Bua, Mata Menge, and Olduvai Gorge, Africa (after Leakey 1971), arranged chronologically. (copyright Mark Moore 2009)




Examples of stone tools from Liang Bua Cave, Flores. Scale bars 10 mm (copyright Mark Moore 2009)




Comparison of stone tools made by H. floresiensis and modern H. sapiens at Liang Bua. The uncircled specimens were made by H. floresiensis. (copyright Mark Moore 2009).




Chronological summary of hominin species and their stone tools on Flores.
(copyright Mark Moore 2009)




Stone artefacts from Mata Menge. (Nature).




Perforators from Mata Menge and Liang Bua. (Nature)




Artefact types and frequencies from Mata Menge and Liang Bua. (Nature).




VIDEO:


Situs Mata Menge


Explore Timor-Flores 2012 : Liang Bua



Artikel Lainnya:


Wow! Arkeolog Temukan Liontin Prasejarah Berusia 39.000 Tahun Di Sulawesi


Peneliti Melongo! Ini Manusia Purba Di Sulawesi Sejak Ratusan Ribu Tahun Lalu


Kisah Heboh Alan Lamers, Saksi Penculikan Misterius Alien Atau Jin Di Sulawesi


Hobbit Adalah Keturunan Manusia Dari Dimensi Keluarga Yang Berbeda?


Mungkinkah, Nusantara adalah The Atlantis yang Hilang dan Kini Dicari?


Ilmuwan: Peradaban Dunia Berawal dari Indonesia!


Ternyata, Indonesia memiliki beberapa Piramida


Dahulu, wilayah bangsa Indonesia pernah menguasai lebih 2/3 Muka Bumi?


Manusia Jawa Purba Pernah Mendiami Eropa 700.000 Tahun Lalu


Jejak Astronomis di Borobudur


Ditemukan Benda Purbakala Sarkofagus & Rangka Manusia Megalitikum di Bali


Ditemukan di Rembang: Perahu Tertua Abad-7 Zaman Mataram Hindu


Homo Erectus Sumatra di Goa Harimau Diyakini Moyang Indonesia


Topeng Misterius Langka dari Goa Made Jombang Jatim, diteliti Peneliti Dunia


Misteri manusia raksasa Indonesia Meganthropus Erectus


Misteri Struktur Mirip “Tembok” Lurus di Dalam Laut Utara Papua


Misteri dan Kronologi Meletusnya Tambora, Tiga Kerajaan Lenyap Seketika!


=>Puluhan Artikel Terkait Arkeologi Indonesia<=


=>Puluhan Artikel Terkait Arkeologi Dunia<=



http://wp.me/p1jIGd-1IM


((( IndoCropCircles.wordpress.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))






Source link


- Fajar Nurzaman - Blog Sang Pembelajar -
https://i2.wp.com/fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2017/09/1506567443_ilmuwan-melongo-ditemukan-peralatan-tangan-prasejarah-berusia-1-juta-tahun-di-flores.jpg?fit=1000%2C633&ssl=1
- https://fajarnurzaman.net/mistery-konspirasi/ilmuwan-melongo-ditemukan-peralatan-tangan-prasejarah-berusia-1-juta-tahun-di-flores/

0 komentar:

Post a Comment