Wednesday, October 17, 2018

Prasasti Misterius Ditemukan Di Runtuhan Makan Nabi Yunus







Seorang arkeolog mendokumentasikan perusakan ISIS dari reruntuhan Makam Nabi Yunus di daerah kota Mosul, Irak, dan mengatakan bahwa mereka telah membuat penemuan tak terduga yang dapat membantu dalam pemahaman kita tentang kerajaan pertama di dunia.


Pesan tersebut berbentuk tulisan-tulisan yang dibuat pada 7 buah prasasti yang sudah berusia 2.700 tahun yang menggambarkan pemerintahan seorang raja Asiria bernama Esarhaddon dan berbagai makam kuno yang berasal dari Kerajaan Niniwe.


Salahsatu terowongan dari tujuh prasasti tempat ditemukan di terowongan penjarah yang digali di bawah makam Jonah yang hancur. (Credit Eleanor Robson)



Prasasti tersebut menggambarkan Esarhaddon sebagai ‘raja dunia’, dan mengklaim bahwa dia membangun kembali kota-kota kuno Babel dan Esagil selama masa pemerintahannya


Kuil Nabi Yunus yang berisi apa yang diyakini umat Islam dan Kristen sebagai makam Jonah, seperti yang dia ketahui di Alkitab, atau Yunus di dalam Al-Quran, telah diledakkan oleh ISIS sesaat setelah mereka berhasil merebut sebagian besar wilayah utara Irak dari bulan Juni 2014 sampai Januari 2017 silam.


Menurut livescience, terdapat tujuh prasasti ditemukan di empat terowongan di bawah situs paling berharga ini.


Sementara itu, telegraph melaporkan bahwa tempat suci ini terletak di atas sebuah bukit di Mosul timur yang disebut Makam Nabi Yunus, salah satu dari dua gundukan yang merupakan bagian dari kota kuno Niniveh atau Niniwe Asyur.


Rupanya, pemberontak ISIS mendapat dukungan untuk menggali terowongan guna mencari harta arkeologi dari raja-raja Asiria di Irak yang sekarang, Ali Y. Al-Juboori, direktur Pusat Studi Asyur di Universitas Mosul, menulis dalam edisi terbaru di jurnal Irak melalui cambridge.org.



Makam itu tidak sengaja ditemukan baru-baru ini selama proyek konstruksi di Erbil dan saat ini sedang digali oleh tim arkeologi. (Credit: Courtesy of Goran M. Amin)



Menerjemahkan prasasti


Sebuah prasasti, dalam terjemahan, berbunyi: “Istana Esarhaddon, raja yang kuat, raja dunia, raja Asyur, gubernur Babel, raja Sumeria dan Akkad, raja dari semua raja di Mesir bagian bawah, Mesir bagian atas dan Kush (kerajaan kuno yang terletak di sebelah selatan Mesir di Nubia).”


Pemimpin Kush pada satu titik memerintah Mesir, menurut prasasti kuno yang ditemukan di situs arkeologi lainnya. Prasasti tersebut juga mengatakan bahwa Esarhaddon mengalahkan penguasa Kush dan memilih penguasa baru untuk memerintah Mesir.


Prasasti lain yang ditemukan di bawah Makam Nabi Yunus mengatakan bahwa Esarhaddon “merekonstruksi kuil dewa Aššur (dewa utama Asyur),” membangun kembali kota-kota kuno Babel  dan Esagil, dan “memperbarui patung-patung dewa-dewa besar.”


Prasasti tersebut juga menceritakan sejarah keluarga Esarhaddon, dengan mengatakan bahwa dia adalah anak dari Sanherib (memerintah pada tahun 704-681 SM) dan keturunan Sargon II (memerintah 721-705 SM), yang juga “raja dunia, raja Asyur.”



Prasasti lain yang ditemukan di bawah Makam Nabi Yunus mengatakan bahwa Esarhaddon “merekonstruksi kuil dewa Aššur (dewa utama Asyur),” membangun kembali kota-kota kuno Babel dan Esagil, dan “memperbarui patung-patung dewa-dewa besar.” (Credit: AFP)




Al-Juboori juga menerjemahkan empat prasasti lainnya yang ditemukan di Nineveh, dekat Gerbang Nergal (Nergal adalah dewa perang Asyur), antara tahun 1987 dan 1992 oleh tim arkeologi dari Inspektorat Benda-Benda Antik Irak. Konflik di daerah membuat tim sulit untuk mempublikasikan penemuan mereka pada saat itu.


Prasasti tersebut sampai pada masa pemerintahan Raja Sanherib, dan mereka semua mengatakan bahwa raja ini “memiliki dinding bagian dalam dan dinding luar Niniveh yang dibangun kembali dan diangkat setinggi gunung.”


Arkeolog menemukan beberapa prasasti di dekat Makam Nabi Yunus selama penggalian 1987-1992. Salah satunya ditulis pada benda tanah liat prisma dan membahas banyak penaklukan militer Esarhaddon, termasuk Kilikia atau sering disebut Cilicia yang terletak di pantai selatan yang sekarang menjadi Turki. Prasasti bertuliskan menyebut Esarhaddon: “orang yang menginjak leher orang-orang di Kilikia.”



Patung-patung batu Asyur dari setengah dewi, menggambarkan menaburkan “air kehidupan” untuk melindungi manusia dalam pemeliharaannya. (Credit: AFP)



Esarhaddon mengklaim dalam prasasti bahwa “Aku mengepung, menaklukkan, menjarah, menggempur, menghancurkan dan membakar dengan api dua puluh satu kota mereka bersama dengan kota-kota kecil di lingkungan mereka ….” Prasasti itu juga membahas penaklukannya terhadap Sidon, yang terletak di  Libanon sekarang, dan mengklaim bahwa tentara Esarhaddon merubuhkan tembok kota dan melemparkannya ke Laut Tengah.


Sisa prasasti kuno dari situs lain yang ISIS coba jarah dan hancurkan juga sudah ditemukan. Setelah kota Asyur kuno Nimrud diperoleh kembali pada bulan November 2017, prasasti yang masih ada termasuk yang menggambarkan sebuah koloni monyet yang pernah berkembang di Nimrud.



Koloni monyet mungkin adalah cerita paling menarik yang dikatakan oleh Ashurnasirpal II. “Bagian di sini adalah ringkasan daerah di barat – di Lebanon dan Suriah – yang memberinya penghormatan dan pembangkitan hewan, monyet dan singa , untuk ibu kotanya Kalhu [nama lain untuk Nimrud]” kata Grant Frame, seorang profesor bahasa Timur Dekat dan peradaban dari University of Pennsylvania .


Sedikitnya delapan “salinan” kisah monyet ini telah ditemukan di masa lalu oleh para arkeolog dan sejarawan, kata Frame. Sejarawan Asyur Albert Kirk Grayson menerbitkan terjemahan teks-teks ini pada tahun 1991 di buku “Penguasa Asyur di Awal Milenium Pertama Sebelum Masehi” (University of Toronto Press).



Sejumlah artefak dengan prasasti bertahan dari penghancuran kota Asyur kuno Nimrud. Live Science menunjukkan foto beberapa prasasti untuk para ilmuwan yang dapat mengidentifikasi apa yang mereka katakan. Di patung resolusi tinggi ini patung, dengan ukiran sisa-sisa bagian kaki, bisa dilihat mencuat dari setumpuk artefak yang hancur. Prasasti di samping kaki menceritakan bagaimana Raja Asyur Ashurnasirpal II (pemerintahan 883-859 SM) mendirikan sebuah koloni monyet di Nimrud. Raja menerima kera betina sebagai upeti dari tanah di dekat pantai Mediterania dan membesarkan mereka dengan monyet jantan yang juga diperolehnya (atau sudah ada) untuk menemukan koloni tersebut. Prasasti itu mengatakan bahwa “kawanan mereka dalam jumlah besar” tinggal di Nimrud.



Grayson menerjemahkan delapan salinan ini sebagai bacaan, “Saya membawa mereka [monyet-monyet itu] ke tanah saya Aššur Saya mengumpulkan banyak hewan di dalam Kalhu [dan] menunjukkan [mereka] kepada semua orang di tanah saya.”


Penyebutan pemuliaan dalam jumlah besar itu muncul meski terjemahannya hanya menyebutkan monyet betina. Ini berarti bahwa raja sudah memiliki, atau juga menerima, monyet jantan dan mendapatkan monyet betina yang baru didapat untuk dikembangbiakkan bersama mereka.


Prasasti tersebut juga menyebutkan bagaimana Ashurnasirpal II menangkap singa. “Dengan tanganku yang terulur dan jantungku yang sengit, aku menangkap 15 singa yang kuat dari pegunungan dan hutan, aku mengambil 50 singa betina, aku menggiring mereka ke Kalhu dan istana tanahku ke dalam kandang,” tulisan itu berbunyi, seperti yang diterjemahkan oleh Grayson. (IndoCropCircles.com / sumber: livescience, telegraph, ikons dan berbagai sumber lainnya)


Pustaka:



Sebuah patung batu Asyur setengah dewi, menggambarkan percikan “air kehidupan” untuk melindungi manusia dalam perawatannya, (Credit Jérémy André).




Arkeolog di wilayah Kurdistan Irak utara telah menemukan sebuah kota kuno yang bernama “Idu” Situs ini telah berdiri semenjak periode Neolitik, ketika pertanian pertama kali muncul di Timur Tengah, dan kota tersebut mencapai usia antara 3.300 dan 2.900 tahun yang lalu. Bangunan yang ditunjukkan di sini adalah struktur dalam negeri, dengan setidaknya dua ruangan, yang mungkin berusia agak terlambat di kehidupan kota, mungkin sekitar 2.000 tahun yang lalu ketika Kekaisaran Parthia menguasai daerah tersebut. [via livesience]




Prasasti ini ditemukan saat penggalian di Niniwe di belakang “lamassu” yang jatuh, dewa dengan kepala manusia dan tubuh seekor singa atau banteng. Bunyinya (dalam terjemahan): “Istana Asyurbanipal, raja agung, raja perkasa, raja dunia, raja Asyur, anak Esarhaddon, raja Asyur, keturunan Sanherib, raja Asyur.” [via livesience, Credit: Stevan Beverly]





Ancient palace revealed under destroyed shrine




Lima Makam Tua Ditemukan di Situs Gunung Padang


Ditemukan Benda Purbakala Sarkofagus & Rangka Manusia Megalitikum di Bali


Makam Yesus (Nabi Isa As) di Kashmir India: Apakah Benar Beliau Telah Wafat?


Ditemukan Runtuhan Kota Bawah Laut Kuba


Ilmuwan Temukan Hunian Purba Misterius Di Dasar Laut Berusia 9000 Tahun


Pavlopetri, Situs Kota Bawah Laut Tertua di Dunia


 ‘Perahu’ Akhir Abad 17 Muncul Secara Misterius di Bawah Reruntuhan WTC


Artefak Misterius Dalam Tanah Berusia 3,5 Abad Ditemukan Di Jalur MRT


Heboh Temuan Arca Terbesar Tinggi 1,8 Meter Yang Misterius Di Kediri


Ilmuwan Temukan Hunian Purba Misterius Di Dasar Laut Berusia 9000 Tahun


Ditemukan: Patung Raksasa Firaun Setinggi 8 Meter


Ditemukan Lagi: Mumi Anak Mirip Alien Berjari 3 Dalam Sarkofagus Di Peru


Siap Kiamat, Illuminati Buat Bunker di Bawah Bandara Denver


Seremonial Satanis Illuminati Di Peresmian Gotthard Base Tunnel


[PROJECT VIVOS] Proyek Bunker Para Elit Untuk Persiapan Kiamat Perang Nuklir


Misteri Terowongan dan Bunker di Bawah Batavia


Misteri Terowongan Bawah Tanah di Istana Presiden


Ditemukan 2 Meter Dibawah Laut: Benteng VOC Misterius Di Daerah Pasar Ikan


Ditemukan: Terowongan Besar Misterius Setinggi Menara Eiffel Dibawah Es Antartika


Ilmuwan Melongo, Ditemukan Peralatan Tangan Prasejarah Berusia 1 Juta Tahun Di Flores!




https://wp.me/p1jIGd-8UK


((( IndoCropCircles.com | fb.com/IndoCropCirclesOfficial )))






Source link


- Fajar Nurzaman - Blog Sang Pembelajar -
https://i1.wp.com/fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2018/10/1539812739_prasasti-misterius-ditemukan-di-runtuhan-makan-nabi-yunus.jpg?fit=2098%2C1400
- http://fajarnurzaman.net/mistery-konspirasi/prasasti-misterius-ditemukan-di-runtuhan-makan-nabi-yunus/

0 komentar:

Post a Comment