Wednesday, March 28, 2018

Perbedaan Sikap Bos Facebook pada Parlemen Inggris dan Amerika Serikat




Liputan6.com, Jakarta – Menyusul skandal penyalahgunaan data pengguna, CEO Facebook Mark Zuckerberg dilaporkan siap memberi penjelasan pada anggota Kongres Amerika Serikat.

Menurut sumber anonim, Zuckerberg setuju hadir memenuhi undangan Komite Energi dan Perdagangan. 


Akan tetapi, dikutip dari The Guardian, Rabu (28/3/2018), belum ada ketetapan terkait jadwal pertemuan tersebut. Juru Bicara komite juga menolak sejumlah laporan yang menyebut bahwa pertemuan akan dilakukan pada 12 April 2018.


Komite peradilan dan perdagangan Senat juga mengundang Zuckerberg untuk muncul dalam persidangan soal pencurian data pengguna Facebook.


Keputusannya untuk memberi kesaksian di depang Kongres ini sendiri dilaporkan pertama kali oleh CNN.


Selain terkait kasus penyalahgunaan data, tekanan terhadap Zuckerberg juga muncul dari anggota parlemen Inggris terkait bisnis Facebook yang mengaku menjual iklan ke Rusia. Bahkan, ada dugaan bisnis itu turut memengaruhi pemilihan Presiden Amerika Serikat.


Akan tetapi, langkah Zuckerberg menemui anggota kongres Amerika Serikat ini berbanding terbalik dengan sikapnya terhadap parlemen Inggris. Sebab, suami dari Priscilla Chan itu dilaporkan menolak untuk hadir langsung dalam pertemuan dengan anggota parlemen.


Ini merupakan kali ketiga Zuckerberg menolak bersaksi langsung di depan anggota parlemen Inggris. Setelah kasus berita palsu lalu disusul kasus pencurian data, ketua parlemen Inggris Damian Collins menyebut kehadiran Zuckerberg menjadi semakin penting.


“Saya pikir dengan banyaknya kasus yang ada saat ini, sangat mengejutkan Mark Zuckerberg tak siap memberikan pernyataan di depan sidang parlemen atau Kongres, mengingat hal ini sangat penting, terutama bagi pengguna,” tuturnya.


Sekadar informasi, Zuckerberg sebenarnya tak benar-benar menolak hadir di depan anggota parlemen Inggris terkait pembahasan Facebook. Hanya saja, dalam beberapa kali pertemuan, dirinya selalu mengirimkan perwakilan.






Source link


- Fajar Nurzaman - Blog Sang Pembelajar -
https://i2.wp.com/fajarnurzaman.net/wp-content/uploads/2018/03/perbedaan-sikap-bos-facebook-pada-parlemen-inggris-dan-amerika-serikat.jpg?fit=673%2C379
- http://fajarnurzaman.net/science-technology/perbedaan-sikap-bos-facebook-pada-parlemen-inggris-dan-amerika-serikat/

0 komentar:

Post a Comment