Sunday, October 2, 2016

Fajar Notes 15 - Migrasi Blog

Sudah seminggu tidak posting blog lagi karena banyak kesibukan kerjaan agen property, dan juga memikirkan kedepan blog ini bagaimana agar lebih profesional untuk mendukung brand image saya pribadi dan juga kualitas dari blog ini.


Pertama 2 saya menentukan domain selanjutnya untuk dibesarkan nama nya menggunakan TLD (top level domain) .Net… Karena. tLD .com yang lama sudah diambil orang dan dijual lagi dengan harga mahal. Untuk dot TK versi free bisa didapatkan di dot.Tk, yang sebelumnya pakai dot tk saya gunakan untuk forwarding saja ke dot Net ini.


Kedua saya tentukan mau pakai hosting mana? Sebelumnya saya nebeng hosting shared hosting kantor yang unlimited domain, bandwidth dan storage nya, koneksi cukup bagus tapi setelah membaca2 tentang could hosting sepertinya lebih bagus dari segi stabilitas dan kecepatan website, ditambah fasilitas CDN cloudflare agar bisa lebih cepat lagi mengakses websitenya.


Setelah membeli domain dan hosting di cloud hosting, dimulailah migrasi blog yang agar ribet, blog sebelumnya di server shared hosting saya coba pakai beberapa cara pertama dengan srcipt WP twin ternyata setting php admin tidak mengizinkan untuk fungsi exec(), lalu saya coba pakai backup buddy, plugin berbayar ini menurut saya paling mudah dan cepat. Ada juga plugin gratisan duplicator, wordpress move, backup guard, dan lain2 nya


Tapi ada kendala semua script dan plugin migrasi semuanya gagal proses karena request time out, masalahnya dari settingan php server nya untuk max excution time nya tidak bisa diubah lebih besar, jadinya terpaksa harus manual… Sebenarnya ada cara lain yaitu dengan aplikasi bawaan cpanel softaculous, dengan aplikasi ini kita bisa dengan mudah untuk backup full dan clone website dengan sempurna, tapi sayangnya saya instal wordpress dengan instalasi self host dari wordpress.Org


 



- http://fajarnurzaman.net/fajar-notes/fajar-notes-15-migrasi-blog/

0 komentar:

Post a Comment